Powered by Blogger.

14 Wisata Fenomenal dan Khas di Surabaya

14 Wisata Fenomenal dan Khas di Surabaya - Sebagai kota metropolitan nomor 2, Surabaya memiliki banyak tempat wisata yang mempunyai keunikan tersendiri. Keunikan tersebut sangat berkaitan dengan sejarah kota Surabaya yang merupakan kota tempat munculnya aksi heroik tokoh pergerakan nasional yakni Bung Tomo bersama dengan rakyat sipil melawan Belanda, sehingga kota ini dikenal dengan “kota pahlawan”. Dengan berkunjung ke Surabaya, Anda akan dapat menyelami nuansa khas tempat wisata di Surabaya dengan berbagai latarbelakang sejarahnya. Adapun tempat wisata tersebut antara lain:

14 Wisata Fenomenal dan Khas di Surabaya


1. Monumen atau Tugu Pahlawan
Tugu pahlawan merupakan monumen yang didirikan sebagai tanda atas perjuangan rakyat Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Secara arsitektur tugu ini memilliki filosofi tersendiri, yaitu cekungan yang terdiri atas sepuluh lengkungan menandakan tanggal 10, serta terbagi atas sebelas ruah yang mendandakan bulan ke-11 yang secara simbolik menandakan terjadinya peristiwa 10 November 1945.

2. House of Sampoerna
Dulunya bangunan ini merupakan panti asuhan milik Belanda yang kemudian dibeli oleh Sampoerna dan dijadikan pabrik rokok sampoerna. Bagunan ini didirikan pada tahun 1862 dan dijadikan situs sejarah. Saat ini bangunan ini tidak difungsikan lagi sebagai pabrik rokok melainkan difungsikan sebagai museum House of Sampoerna.

3. Monumen Kapal Selam
Tidak salah lagi jika kota ini dijuluki kota pahlawan, satu lagi monumen patriotisme berada di kota ini yakni monumen kapal selam yang berada di Embong Kalasin, Genteng, Surabaya. Menomen ini dulunya adalah kapal selam KRI Pasopati 410 yang merupakan armada Angkatan Laut Indonesia didikan Uni Soviet tahun 1952. Kapal selam ini pernah terlibat pada pertempuran di Laut Aru dalam rangka pembebasan Irian Barat.

4. Jembatan Merah
Masih berkaitan dengan peristiwa 10 November, jembatan ini menjadi saksi sejarah atas tewasnya Jendral Mallaby. Jembatan ini saat ini menjadi pusat perdagangan terpadat di Surabaya

5. Jembatan Sura Madu
Jembatan denga panjang 5.438 meter dan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia. Dinamakan SuraMadu sebab jembatan ini menghubungkan antara Surabaya dan Madura. Jembatan ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 10 Juli 2009.

6. Pantai Kenjeran
Indahnya pantai kenjeran menjadi salah satu ikon kota Surabaya. Aktifitas padat di tengah kota, menjadikan pantai merupakan alternatif untuk memperoleh ketenangan dan kenyamanan bersama keluarga. Di pantai ini kita dapat melakukan berbagai kegiatan untuk melepaskan kejenuhan diantaranya memancing dan makan bersama keluarga di bawah pohon yang terdapat disekitar pantai.

7. Ciputra Waterpark
Merupakan wisata air dengan luas 5 hektar. Untuk masuk ke area ini kita hanya merogoh kocek Rp.70.000 pada hari biasa dan Rp.90.000 pada hari libur. Adapun untuk manula di atas 60 th terdapat ketentuan khusus yaitu mendapat tiket gratis dengan hanya menunjukan kartu identitas.

8. Moseum Mpu Tantular
Meseum ini memiliki berbagai peninggalan prasejarah yang jumlahnya mencapai 15.000 koleksi dari masa kerajaan Hindu, Budha, Islam, serta masa Kolonial. Moseum ini didirikan oleh Stedelijk Historisch Moseum yang merupakan lembaga kebudayaan milik seorang Jerman berkebangsaan Indonesia.

9. Moseum WR.Soepratman
Secara monumental tempat ini digunakan untuk mengenang sosok kepahlawan WR.Soepratman yang telah berjasa mengarang lagu Indonesia Raya dengan biola berdawainya.

10. Rumah Batik
Dua puluh ribu potong batik dengan corak yang berbeda menjadikan rumah batik ini sangat menarik dikunjungi. Tempat ini sangat impresif dijadikan wisata edukatif pada peserta didik Indonesia.

11. Taman Bungkul
Taman ini dilengkapi dengan fasilitas skateboard track dan BMX track, sehingga sangat cocok untuk tempat berkumpul warga. Di taman ini juga terdapat air mancur, tempat bermain anak-anak, dan wifi.

12. Wisata Hutan Mangrove
Suasan sejuk dari belantara hutan mangrove memanjakan setiap pengunjung tempat wisata ini. Di situ pengunjung disuguhi jembatan bambu yang dapat digunakan untuk menyusuri hutan. Hutan ini berlokasi di Jl. Raya Wonorejo No. 1, Rungkut, Surabaya.

13. Pasar Bunga Bratang
Di pasar ini kita disuguhi berbagai macam jenis Bunga untuk hiasan rumah. Awalnya pasar ini merupakan pasar kecil, seiring dengan kebijakan pemerintah pasar ini kemudian ditata rapikan sehingga tampak layak dan indah.

14. Monumen Bambu Runcing
Atas prakarsa pejuang NKRI monument ini kemudian dibangun. Monumen ini memiliki banyak koleksi bambu runcing yang digunakan sebagai senjata untuk melawan kolonial Belanda.

Inilah tempat wisata paling fenomenal di kota Surabaya. Yang mampu menyuguhkan nuansa wisata sekaligus nuansa sejarah kota tersebut.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "14 Wisata Fenomenal dan Khas di Surabaya"

Asyik juga, jadi mau main kesana,,,


cream anisa

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top